[PBKK-8] QUIZ 1

-- QUIZ 1 --


1. Jelaskan struktur framework, dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

Framework adalah kerangka kerja atau konsep yang digunakan untuk mempercepat proses pengembangan perangkat lunak atau aplikasi. Framework menyediakan seperangkat fitur dan fungsi yang dapat digunakan kembali, sehingga memungkinkan pengembang untuk lebih fokus pada pengembangan aplikasi yang unik dan kompleks. Framework biasanya telah dirancang dengan konvensi dan struktur tertentu yang memudahkan pengembang dalam membangun aplikasi dengan mengikuti pedoman yang sudah ditetapkan

Framework menyediakan struktur dasar atau kerangka kerja yang telah dirancang sebelumnya untuk 
membangun aplikasi atau website. Struktur tersebut dapat terdiri dari beberapa komponen seperti manajemen database, routing, autentikasi dan otorisasi, manajemen file, dan banyak lagi.

Framework memiliki beberapa kegunaan yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak atau aplikasi, diantaranya:
  • Menghemat Waktu dan Biaya
Framework dapat menghemat waktu dan biaya dalam pengembangan perangkat lunak atau aplikasi karena fitur dan fungsi dasar yang sudah disediakan oleh framework. Hal ini memungkinkan pengembang untuk fokus pada pengembangan fitur-fitur dan fungsi khusus yang unik untuk aplikasi mereka.

  • Meningkatkan Efisiensi Pengembangan
Framework membantu dalam meningkatkan efisiensi pengembangan dengan menyediakan struktur dasar atau kerangka kerja yang telah dirancang sebelumnya untuk membangun aplikasi atau website.

  • Meningkatkan Keamanan
Framework dapat membantu dalam meningkatkan keamanan aplikasi dengan menyediakan fungsi-fungsi keamanan seperti validasi input, autentikasi, dan otorisasi.

  • Meningkatkan Kualitas
Framework dapat membantu pengembang dalam meningkatkan kualitas perangkat lunak atau aplikasi yang dibangun dengan menyediakan konvensi pengkodean dan konsistensi dalam kode.

  • Pembaruan dan Dukungan
Framework biasanya dikelola oleh komunitas pengembang yang terbuka dan terus memperbaharui dan mengembangkan framework. Hal ini memastikan bahwa framework tetap diperbarui dan mendapatkan dukungan dari pengembang lain dalam komunitas.


2. Dalam pembuatan aplikasi, dikenal dengan Universal Windows Platform. Digunakan untuk membuat aplikasi yang mempunyai karakteristik seperti apa? Jelaskan sertai dengan contoh

UWP adalah sebuah teknologi terbaru dari Microsoft, yang digunakan untuk membangun satu aplikasi dengan source code yang sama untuk dapat berjalan di berbagai platform Microsoft seperti Microsoft Windows 10, Windows Phone, Windows 10 Tablet, XBOX, dan HoloLens. Microsoft sendiri sedang mempromosikan aplikasi berbasis UWP seperti aplikasi Facebook, Instagram, dan Twitter terbaru di Windows Store.

UWP adalah salah satu dari banyak cara untuk membuat aplikasi klien untuk Windows. Aplikasi UWP menggunakan API WinRT untuk menyediakan UI yang kuat dan fitur asinkron tingkat lanjut yang ideal untuk perangkat yang terhubung ke internet.

3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah desain aplikasi Koleksi Album foto yang bisa menghimpun foto, deskripsi, informasi foto diambil/ metadata, dan juga bisa menghapus maupun update.




4. Implementasikan soal no 3, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

Repository: GitHub





Reference:












Komentar

Postingan populer dari blog ini

[PPB-2] Redesign Mobile App

[PWEB-4] Wedding Invitation